Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan
bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa
melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi
dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi
cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan
awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem
jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah
vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk
menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat
mudah dihancurkan.
Pada
mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research
Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana
mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer
dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama
DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan progma e mail yang diciptakan
setahun sebelumnya untuk ARPANET.Program e mail itu begitu mudah sehingga
menjadi populer dan banyak dinikmati.Ikon @ pada e mail menyatakan pada atau at
dalam internet.Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan di luar
Ameriks Serikat.Komputer University Collage di London merupakan komputer
pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Di tahun yang
sama, dua orang ahli komputer (Vinton Cerf dan Bob Kahn) mempersentasikan
gagasan yang lebih besar, yang kemudian menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Ratu
Inggris pada tahun 1976 juga berhasil mengirimkan e mail dari Royal Signals and
Radar Establishment di Malvern.Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer
tergabung di ARPANET yang membentuk sebuah jaringan.Dari sini pula berkembang
pengertian internet sebagai jaringan komputer luas dan besar yang menghubungkan
pemakai komputer dari satu komputer ke komputer lainnya di seluruh dunia.
Istilah
lain yang kita temukan dalam internet adalah NewsGroup. Awalnya dikenal dengan
USENET.NewsGroup ditemukan tahun 1979 oleh Tom Truscolt, Jim Ellis dan Steve
Bellovin.Dan tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan
telpon televisi pertama dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan
dengan video link.
Pada
tahun 1982 penggunaan jarigan komputer semakin meningkat, sehingga menimbulkan
ide untuk membuat sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.Maka
terbentuklan Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau
IP.Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer yang dikenal dengan Eunet,
menyediakan jaringan di Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia dengan layanan e
mail dan newsgroup.
Tahun
1987 jumlah komputer yang saling tersabung mencapai 10 kali lipat yang
menimbulkan ide untuk membuat penyeragaman terutama alamat.Dan dikembangkan
sistem penamaan dalam jaringan komputer yang dikenal dengan Domain Name Syatem
(DNS) yang mana di tahun 1984 juga sudah diciptakan.
Istilah
Chat dalam dunia maya ternyata ditemukan oleh Oikarinen dari Finland tahun
1988, yaitu IRC (Internet Relay Chat). Dan tahun 1990 baru muncul WWW (World
Wide Web) yang ditemukan oleh Berners Lee yang bisa menjelajahi satu komputer
ke komputer lainnya di seluruh dunia. Ini yang menjadi dasar berkembangnya
pembelajaran berbasis web yang akan kita geluti satu semester ke depan.
Pengembangan
tentang standarisasi web terjadi pada tuhun 1994, CERN dan MIT (Massachusset
Institute of Technology) membuat persetujuan untuk membentuk Konsorsium World
Wide Web.
Sejarah
internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet
di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat
kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara
para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada
perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian
aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.Sejak 1988, ada
pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan
Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
Berdasarkan
catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia,
UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni
1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu,
Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama
legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994.
Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam
membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
2.
Cara mengakses Internet
Adapun
cara mengakses internet adalah sebagai berikut.
2.1
Melalui Wi-Fi
Wi-Fi
merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu
sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local
Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar
terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang
dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan
mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya
Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal
(LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.Hal ini
memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card)
atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan
menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Secara
teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan
informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area
network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang
diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di
jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang
dipersyaratkan.
Teknologi
internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika
Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers
(IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan
802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN,
tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).
2.2
Internet Kabel
Sifat-Sifat Internet Kabel
2.2.1
Kelebihan Yang dimiliki
Internet
lewat jaringan TV kabel mempunyai beberapa kelebihan dibanding Internet lewat
jaringan telepon. Salah satunya adalah akses Internet selama 24 jam. Hal ini
bisa terjadi karena operator TV kabel mengaktifkan jaringan dan pelayanannya
selama 24 jam penuh.
Jika
pelanggan menambah fasilitas Internet, para operator TV kabel akan menarik
tambahan pada biaya langganan bulanan. Biaya tambahan ini “jatuhnya” lebih
murah dibanding ongkos yang harus dibayar jika menggunakan media saluran
telepon selama 24 jam untuk satu bulan.
Selain
itu, dengan Internet kabel tidak perlu lagi ada proses dialing seperti yang
dilakukan pada jaringan telepon. Tidak ada lagi jawaban nada sibuk (busy tone)
saat semua saluran telepon ke ISP sedang padat.Dan, tidak ada lagi panggilan
telepon yang tidak terjawab karena kita sibuk berInternet-ria.
Kecepatan
transmisi data (upstream dan downstream) juga lebih tinggi dibanding transmisi
data pada jaringan telepon standar maupun ISDN/Integrated Service Digital
Network. Jika kecepatan transmisi data maksimum pada saluran telepon standar
sebesar 28,8 kbps (kilo bit per detik), dan pada ISDN sebesar 128 kbps, maka
pada jaringan TV kabel dapat mencapai 38 Mbps (Mega bit per detik). Kecepatan
transmisi data ini kinerjanya tidak dipengaruhi jauh-dekatnya jarak antara
pelanggan dan penyedia layanan.
Dengan
kecepatan setinggi itu, kita dapat menerima aliran video audio (audio video
stream) yang lebih lancar, tidak diam membeku (freeze).Dengan demikian,
teleconference dengan live video-audio bersama rekanan kerja atau video-audio
chatting dengan keluarga di tempat yang jauh dapat dilakukan dengan nyaman.
Kecepatan-kecepatan
yang sangat tinggi biasanya dapat dicapai jika kabel yang dipakai dalam sistem
trunk dan distribusi adalah kabel serat optik.Kabel coaxial hanya digunakan
sebagai kabel drop, yaitu kabel penghubung antara pelanggan dan tap distribusi.
2.2.2
Kelemahan Yang dimiliki
Bagaimanapun
juga penggunaan kanal tunggal ini mempunyai efek bagi para pengguna cable
modem.Bila Anda sudah terkoneksi duluan ke Internet melalui sebuah kanal yang
masih kosong, maka Anda dapat memanfaatkan seluruh bandwidth hanya untuk
keperluan Anda. Namun seiring dengan adanya penambahan pelanggan baru, terutama
pelanggan yang boros bandwidth, Anda terpaksa harus berbagi bandwidth dengannya
dan Anda akan merasakan penurunan unjuk kerja yang signifikan. Hal ini
disebabkan karena penggunaan kanal yang dialokasikan untuk internet digunakan
secara bersama-sama oleh semua pelanggan.
Mungkin
saja terjadi, pada saat koneksi penuh, unjuk kerja akan jauh dibawah teori.
Berita baiknya, penurunan unjuk kerja ini dapat diatasi dengan menambahkan
kanal baru dan membagi rata jumlah pengguna tiap kanal yang digunakan untuk
transmisi data lewat internet.
2.2.3
Melalui Wibro
WiBro
(Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan
pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband
ke berbagai perangkat.Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA.Dari segi
mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang
menjadi standar internet nirkabel.Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira
sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1
kilometer dari stasiun pemancarnya.
Akses
Wibro juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60
kilometer per jam.WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and
Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax
Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps.
Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform
HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.
WiBro
adalah pengembangan lebih lanjut dari standar teknologi buatan Korea yang
disebut high-speed portabel internet (HPI). Para pengembangnya antara lain KT
Corps, SK Telecom, dan Electronic & Telecommunications Research Institute.
Kini standar teknologi HPI sudah dianggap termasuk satu dari standar teknis
global mengingat HPI memakai standar 802.16e dari Institute of Electrical and
Electronics Engineers (IEEE).
2.3
Melalui Dial-up
Dial-up
connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada aksesInternet dengan menggunakan jalur telepon tetap
atau telepon
bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan
pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet.Setelah terhubung
maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan
telepon.
Masih
banyak orang yang
mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan
hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis.
2.4
Melalui Jaringan GPRS
GPRS
(singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service, GPRS) adalah suatu teknologi
yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih
cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon
seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru
yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam
bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS),
Wireless Application Protocol (WAP), dan
World Wide Web (WWW).
3.
IP Adress
Alamat
IP adalah Kombinasi angka unik yang ditetapkan untuk
mengindentifikasi/mengenali suatu host di suatu jaringan/internet agar bisa
berkomunikasi satu sama lain. Angka ini dibutuhkan oleh software-software
internet untuk mengakses informasi dari dan ke host tersebut.
Seorang
tukang pos akan mudah dalam mengirimkan surat kepada tujuannya ketika alamat
rumah penerima lengkap dan jelas. Begitu juga didunia networking/internet,
setiap computer yang ingin terhubung ke jaringan/internet maka computer tsb harus
memiliki alamat yang jelas agar bisa berkomunikasi satu sama lain. Pengguna
internet umumnya hanya mengenal nama domain dari alamat website yang akan
dikunjungi, seperti: detik.com, ilmukomputer.com, e-dukasi.net, yahoo.com,
gmail.com, dll. Tapi sebenarnya alamat-alamat tersebut merupakan konversi dari
alamat computer/jaringan berbasiskan angka yang unik. Konsep dasarnya
pengalamatan pada komputer menggunakan sekumpulan angka sebanyak 32 bit (IPv4)
atau 128 bit (IPv6) yang dikenal sebagai IP address (Alamat IP).
Adanya
IP Address merupakan konsekuensi dari penerapan Internet Protocol untuk
mengintegrasikan jaringan komputer Internet di dunia. Seluruh host (komputer)
yang terhubung ke Internet dan ingin berkomunikasi memakai TCP/IP harus
memiliki IP Address sebagai alat pengenal host pada network. Secara logika,
Internet merupakan suatu network besar yang terdiri dari berbagai sub network
yang terintegrasi.Oleh karena itu, suatu IP Address harus bersifat unik. Tidak
boleh ada satu IP Address yang sama dipakai oleh dua host yang berbeda. Contoh
IP Address : 66.249.89.99 (www.google.com) , 203.130.198.131 (www.e-dukasi.net)
, 192.168.0.1, dll
Untuk
itu, penggunaan IP Address di seluruh dunia dikoordinasi oleh lembaga sentral
Internet yang di kenal dengan IANA (Internet Assigned Numbers Authority).
Badan-badan yang mengawal IP dibawah IANA adalah:
- APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) – kawasan Asia/Pacific
- ARIN (American Registry for Internet Numbers) – kawasan Amerika Utara dan Afrika
- LACNIC (Regional Latin-American and Caribbean IP Address Registry) – kawasan Amerika Latin dan beberapa kepulauan Karibia
- RIPE NCC (Réseaux IP Européens) – kawasan Eropa, Asia tengah, and Afrika utara.
IP
Address berdasarkan perkembangannya dibagi kepada dua jenis :
- IPv4 (Internet Protocol versi 4) Merupakan Alamat IP yang terdiri dari 32 bit yang dibagi menjadi 4 segmen berukuran 8 bit. ditetapkan oleh IANA
- IPv6 (Internet Protocol versi 6) Merupakan alamat ip yang terdiri dari 128 bit ditetapkan oleh IANA untuk mengatasi permintaan IP Address yang semakin meningkat.
- SumberDaya di Internet
Internet
memilik banyak sumber daya, seperti pada table di bawah:
Sumber
Daya
|
Keterangan
|
E-mail
|
Digunakan untuk melakukan
pertukaran surat elektronis
|
Newsgroup
|
Forum diskusi
|
Mailing List
|
Kelompok diskusi dengan
menggunakan surat elektronis
|
IRC (Internet Relay Chat)
|
Fasilitas yang memungkinkan
pemakai melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif
|
Telnet
|
Fasilitas yang memungkinkan
pemakai melakukan koneksi (login) kesuatu system komputer
|
FTP (File Transfer Protocol)
|
Sarana untuk melakukan transfer
berkas dari komputer local ke suatu komputer lain atau sebaliknya.
|
Gopher
|
Perangkat yang memungkinkan pemakai
untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher melalui menu yang
bersifat hierarkis
|
Archie
|
Perangkat yang dapat digunakan
untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP
|
Veronica (Very Easy
Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archieves)
|
Merupakankemampuantambahan yang
dipakaiuntukmelakukanpencarianpadasitus-situs gopher
|
WAIS (Wide Area Information
Servers)
|
Perangkat yang digunakan untuk
melakukan pencarian data pada internet yang dilaksanakan dengan menyebutkan
nama basis data dan kata kunci yang dicari
|
World Wide Web
|
Sistem yang memungkinkan
pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext
|
Sumberdaya
yang umumdigunakansaatiniyaitu e-mail, World Wide Web, FTP, Mailing List, dan
Telnet.
4.
Mailing List
Mailing
list atau list atau grup diskusi adalah suatu sumber daya di Internet yang
memungkinkan anggota suatu kelompok berdiskusi melalui surat elektronis. Jika
ada seorang anggota kelompok yang mengirimkan surat maka semua anggota akan
mendapatkan surat tersebut.
Untuk
menjadi anggota dari suatu mailing list, pertama-tama anda perlu mendaftar
kesuatu mailing list. Sedangkan untuk keluar dari suatu keanggotaan, anda perlu
mengirim e-mail kealamat e-mail tertentu.
Situs
seperti http://groups.yahoo.com menyediakan saran untuk membentuk grup diskusi
baru secara gratis.
5.
Newsgroup
Newsgroup
merupakan suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan e-mail. Diskusi
dilakukan dengan menggunakan koneksi langsung kelokasi newsgroup. Dalam hal ini
tidak ada mekanisme untuk menjadi anggota terlebih dulu untuk mengakses suatu
newsgroup.
Untuk
mengakses newsgroup dipelukan perangkat lunak yang dinamakan newsreader, yakni
berupa suatu program yang dipasang di komputer klien. Contoh news reader yaitu
WinVn, yang merupakan program di lingkungan Windows yang bersifat domain
publik.
6.
Surat Elektronis
Surat
Elektronis (E-mail) adalah sistem komunikasi antar komputer yang memungkinkan
pertukaran informasi berbasis text untuk dipertukarkan secara
elektronik.Seiring dengan perkembangan teknologi, email kemudian memungkinkan
pertukaran file digital melalui lampiran (attachment) email.
Sifat
“cepat, murah, dan mudah digunakan” membuat email menjadi bentuk komunikasi
bisnis paling populer, terutama pada pesan-pesan yang dikirim di dalam
perusahaan (internal message). Kebanyakan orng lebih memilih email dibanding
surat atau memo karena sifat informalnya. Bahasa yang bernada bebas, bersahabat
dan “dekat” tidak hanya diterima, tetapi disukai dalam korespondensi melalui
email.
6.1
Alamat E-mail
Untuk
mengirikan atau menerima surat elektronis, pemakaian perlu perangkat lunak
e-mail semacam Eudora, Outlook, Express, atau Kmail. Alternatif lain yaitu
dengan menggunakane-mail berbasis Web yang ditawarkan oleh pelbagai portal
seperi Gmail, Yahoo, Lycos, dan sebagainya. Layanan seperti ini dapat diperoleh
secara gratis.
Agar
seseorang dapat mengirim dan menerima surat elektronis, ia perlu memiliki
alamat e-mail. Alamat e-mail berbentuk semacam berikut:
triana@pelitanusan.ac.id
Tanda
@ memisahakan antara nama pemakai dan nama domain.
6.2
Isi e-mail
Gambar
di bawah ini memperlihatkan contoh surat elektronis yang akan dikirimkan
seseorang.
Beberapa
hal pada gambar di atas perlu diketahui:
- Kepada menyatakan alamat e-mail milik orang yang akan dikirimi surat elektronis.
- Cc (carbon copy) menyatakan alamat e-mail orang yang mendapat tembusan surat
- Bcc (blind carbon copy) menyatakan orang yang mendapat tembusan tetapi orang yand disebut dalam kepada tak bisa mengetahui kalau e-mail ditembuskan ke orang yang disebutkan dalam Bcc ini.
- JUDUL menyatakan inti dari surat. Bagaian ini perlu diisi agar orang yang menerima mendapatkan gambaran isi surat sebelum membukannya.
- Lampiran (attachment) memungkinkan berkas lain (dapat berupa dokumen, gambar, video, dan bahkan musik) kedalam surat.
6.3 Cara kerja Email
pada
email server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan outgoing
server. server yang biasa menangani outgoing email adalah server SMTP(Simple
Mail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani incoming email
adalah POP3(Post Office Protcol) pada port 110 atau IMAP(Internet Mail Access
Protocol) pada port 143.
Saat
anda mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server dan akan
dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun
melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan
terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka
akan simasukkan ke dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5
hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox
pengirim.
Apabila
email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server. jika
menggunakan POP3 server maka apabila kita hendak membaca email maka email pada
server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload
email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada
device yang mendownload email tersebut. berbeda dengan POP3 IMAP server
mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali lewat
device yang berbeda.
6.4
Etikan mengirim E-mail
Etika
dalam menuliskan surat elektronis dikenal dengan nama netetiquette atau
interneteiquette. Beberapa aturan perlu diketahui.
- Benahi dulu susunan e-mail `forwards` Anda bila ingin mengirim kembali sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain. Artinya, luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda “ atau “ yang biasanya muncul.
- Gantilah `Subject` atau judul e-mail bila topik pembicaraan Anda berubah. Sering kali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun `Subject` atau judul e-mail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila `Subject` disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail.
- Hapuslah pesan `Reply` yang tidak perlu. Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang membalas atau me-reply-nya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar Anda anggap perlu.
- Jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi Anda sebuah e-mail tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta Anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman Anda yang lain, atau bila tidak, maka Anda akan ketiban sial.Mengapa Anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila Anda meneruskan e-mail semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol `delete`.
- Hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat e-mail mereka. Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan `bcc` atau blind carbon copy agar alamat-alamat e-mail mereka tidak saling diketahui. Bila Anda mudah mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.
- Jangan melakukan spam. Mungkin saja Anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.
- Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.
- Jangan terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespons atas sesuatu e-mail yang membuat kita marah. Begitu juga dengan ber-e-mail ria. Bila Anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan buru-buru Anda kirim e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam `draft folder` selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
- Bersabarlah dalam menunggu `reply`. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali.
- Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang Anda anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih.
7.
WWW ( World Wide Web )
7.1
Definisi
WWW ( World
Wide Web ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal
global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang
berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan,
walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.
7.2
Sejarah
WWW
adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.
Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip
risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi.
Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan
program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai
arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan.Inilah yang kelak
menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW
dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN),
Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek
pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web'
sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW
secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
7.3
Fungsi WWW
Fungsi
WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW
diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di
internet yang memungkinkan pemakai internet mendapatkan dan menampilkan
informasi dimana saja di internet secara mudah dan cepat.
Jika
kita pelajari lebih lanjut, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang
tersimpan di server web, dan tambahan informasi, server tersebar di hampir
semua benua di dunia.Di Indonesia pun kita juga mempunyai server internet.
Dokumen-dokumen
tersebut dibuat disimpan dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu
halaman dokumen informasi terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks
lainnya atau bahkan dengan dokumen lain, misalnya suara, video, dan gambar.
Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut sebagai link atau dalam tejemahan
bahasa Indonesia disebut pranala. (NB: meskipun demikian kata link lebih
populer daripada kata pranala, sebagaimana kita ‘edit’ lebih populer daripada
kata ‘sunting’.
8.
File Transfer Protocol
8.1
Struktur FTP
Dengan
begitu tersedianya beragam informasi di Internet, seringkali pengguna ingin
mengcopy file tersebut.Sebagai contoh, bila ditemukan file atau program yang
menarik dan berhubungan dengan masalah yang dihadapi, untuk itu biasanya
dilakukan modifikasi pada program tersebut sesuai dengan kebutuhan. Hal ini
tidak mungkin dilakukan modifikasi file tersebut pada remote login, yang
dilakukan adalah file tersebut dicopy ke mesin local dan kemudian baru
dimodifikasi. Fasilitas untuk melakukan ini adalah dengan menggunakn ftp.
Proses
ftp menggunakan ftp sebagai client, dan ftpd sebagai server. Tetapi berbeda
dengan koneksi telnet, ada 2 jenis koneksi yang terjadi.
Sesuai
dengan namanya, tugas protocol ftp ini adalah mentransfer file dari komputer
satu ke komputer lainnya. Ini tidak tergantung dari lokasi komputer itu berada,
bagaimana cara koneksinya, atau bahkan sistem operasinya. Selama komputer
tersebut mempunyai akses ke Internet , berarti fasilitas ftp bisa digunakan.
Dengan kata lain selama sistem komputer tersebut memiliki protocol TCP/IP, maka
fasilitas ftp dapat digunakan.
Seperti
juga telnet, ftp juga mempunyai akses berbagai macam database dan service.
Dapat ditemukan berbagai macam dari file artikel hinggai software dengan
cuma-cuma. Bagi seorang peneliti maka fasilitas ftp sangat membantu dalam
membantu kerja dan ada yang menganggap bahwa ftp merupakan suatu sarana umum
untuk saling membagi data.
Ftp
adalah program yang complex karena ada beberapa cara untuk memanipulasi file
dan struktur file. Beberapa format untuk menyimpan (binary atau ASCII, compress
atau uncompress, dll) dan ada beberapa cara tambahan untuk mendapatkannya
secara benar. Akan dibahas juga sekilas tentang FTP anonymous. Hampir semua
public archives mempunyai fasilitas ini.
8.3
Protocol FTP
Protocol
FTP menggunakan 4 karakter ASCII yang diakhiri dengan karakter Newline.Beberapa
kode membutuhkan parameter setelah kode tersebut. Keuntungan menggunakan
karakter ASCII, adalah untuk memudahkan user melihat aliran perintah dalam
upaya pemeriksaan pentrasnferan file.. Juga memudahkan untuk mengakses
ftpserver tanpa menggunakan ftp client.
FTP
ini tersedia pada sebagian besar mesin UNIX. yang
mengimplementasikan TCP/IP. Dengan menggunakan FTP
client di mesin yang berbasiskan
DOS/Windows, maka dapat dilakukan transfer data antara kedua mesin
tersebut.
9.
Telnet
Telnet
(Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di
koneksi Internet atau Local Area Network.TELNET dikembangkan pada 1969 dan
distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama.TELNET
memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Telnet
adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer
lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog
perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk
duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain
yang juga terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke
mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh
dunia.
Setelah
terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke
remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote
machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.
Dapat
dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat
diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan,
akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan
oleh masing-masing host pada di network.
Telnet
menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnetd).
Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang
dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server
yang dijalankan oleh komputer yang menghasilkan pelayanan tadi
Tugas
dari client
- Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
- Menerima inputan dari user
- Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format standard dan dikirim ke server.
- Menerima output dari server dalam format standard.
- Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.
- Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap menerima koneksi.
- Menunggu permintaan dalam bentuk format standard.
- Melaksanakan permintaan tersebut.
- Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
- Menunggu permintaan selanjutnya..
Telnet
adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi terminal
dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka koneksi
hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login sebagai
pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang
disediakan oleh komputer tersebut.Telnet menyediakan akses langsung ke beragam
layanan di Internet.
Komputer
host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan tersebut
tidak ada, anda bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat
Internet menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan
anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka
buat. Demikian juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet
memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.
Cara
pengunaan Telnet
Cara
penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan alamat
yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows
kemudian pilih menu connect kemudian remote system.
9.1
Menggunakan UNIX
%
telnet well.sf.ca.us
Trying
198.93.4.0…
Connected
to well.sf.ca.us.
Escape
character is '^]'.
Unix(r)
System V Release 4.0 (well)
This
is the WELL
Type
newuser to sign up.
Type
trouble if you are having trouble logging in.
Type
guest to learn about the WELL.
If
you already have a WELL account, type your username.
Login:
|
Jika
sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada komputer jarak jauh
tersebut dan bisa berinteraksi dengan program yang tersedia.Telnet secara
diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan komputer jarak
jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu diketahui adalah
perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host kemungkinan menjalankan
Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem operasi lain pada server host
seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar sistem, terutama database,
menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia, maka lebih baik amati file bantu
(help) yang tersedia. Dapat diketikan ?atau help atau cukup h untuk mengamati
apakah file bantu tersedia. Untuk mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit,
pada beberapa sistem menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows
tergantung program yang digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program
yang bersangkutan.
9.2
Menggunakan putty
- Jalankan putty
- Masukan alamat server host
- Pilih telnet dengan default port 32
- Klik open
- Muncul login halaman hitam dengan 1 cursor dan menu
- Login dan masuk ke host yang di tuju
9.3
Menggunakan command windows
- Masuk ke command windows
- Ketikan c:\telnet host_tujuan
contoh
"c:\telnet 192.168.0.1"
- Welcome to Microsoft Telnet Client
Escape
Character is 'CTRL+]'
You
are about to send your password information to a remote computerin
Internetzone. This might not be safe. Do you want to send anyway(y/n):
- Pilih "n" dan tekan enter
- Login
10.
Internet Relay Chat
Internet
Relay Chat adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi
interpersonal terutama komunikasi kelompok di
tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
IRC
muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian
penting.Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat
menjadi alternatif yang dapat diandalkan.
10.1
Sejarah IRC
IRC
diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus1988 untuk
menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet
Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet.Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan).Sekarang IRC sudah digunakan di lebih
dari 60 negara di seluruh dunia.
Pada
tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang
gurun.Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena
dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil.IRC
adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.
10.2
Bagian-bagian IRC
Terdiri
dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets
yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki
lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet,
NewNet.Server-server tersebut yang menghantarkan informasi-informasi ke dan dari
satu server ke server yang lain di dalam net yang sama. Client-client yang
direkomendasikan:
- UNIX/Shell: ircII
- Windows: mIRC or PIRCH
- Macintosh: Ircle
Channel-channel
dalam IRC dikelola oleh "channel operator",atau "ops". Channel operator adalah orang-orang yang
berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat
diganggu gugat. Mereka dapat "memilih" siapa saja yang bisa join di
channel tersebut, siapa yang berhak berbicara (dengan membuat channel tersebut
"moderated") dan juga menolak (dengan mem-"ban" beberapa
pemain) Jika ada di-"ban" dari suatu channel, bicaralah dengan
channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk
bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-"unban").
IRC
server dikelola oleh IRC admin dan IRC operator (atau "IRCops").IRCops tidak turut campur dalam
urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status op, dan
lain-lain. Mereka bukanlah "IRC cops".
10.3
Menggunakan IRC
Saat
kita menggunakan Internet Relay Chat, kita akan disambut oleh Message of the Day
(Pesan Hari Ini) atau MOTD yang berisi informasi tentang situs dan lalu
lintas pada jaringan. Ketika menggunakan IRC, pengguna diminta untuk menyebutkan
nama julukan atau samaran. Sang pengguna memiliki suatu program (yang disebut
"client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas.
Bila
telah log in pada client IRC, pengguna dapat secara otomatis menggunakan
saluran aktif yang bernama #chatzone.Semua saluran atau channel IRC diawali
tanda (#) ada juga dengan tanda (&).Channel-channel tersebut adalah
channel-channel lokal di satu server saja sehingga pengguna harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel.Semua
perintah IRC dimulai dengan garis miring (/).Misalnya untuk mengetahui daftar
saluran yang sedang digunakan pada saat yang bersangkutan dan jumlah orang yang
bercakap-cakap, ketik perintah “/list”. Untuk turut serta dalam percakapan di Internet ini, tinggal beri perintah ”/join” diikuti tanda #(nama
saluran). Jika pengguna telah memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya.Semua
perintah-perintah dasar IRC berlaku untuk semua client-client.
10.4
Beberapa perintah dasar IRC
/Bye
untuk keluar dari channel dan program IRC
/Help
untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perintah IRC
/Ignore
diikuti alamat email atau nama
julukan pengguna lain untuk menolak saluran komunikasi dengan pengguna individu tersebut.
/Msg
untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya
lalu isi pesan
/Names
untuk menunjukkan nama seluruh pengguna yang berada dalam channel tersebut.
/Nick
untuk mengganti nama julukan atau nama samaran sebelumnya
10.5
Menghubungi IRC
Pengguna
IRC menjalankan program client yang berhubungan dengan sebuah server yang letaknya entah dimana.Lebih baik jika pengguna
memiliki client lokal, hal tersebut dapat dicari tahu dengan mengetik IRC pada promptkomputer.Jika tidak ada, pengguna dapat menghubungi perusahaan jasa
langganan untuk memasang client lokal.
Untuk
mudahnya, pengguna dapat bergabung dengan channel-channel seperti: #new2irc,
#newuser, #newbies atau #chatback #chat #ircbar. Jika pengguna membutuhkan
pertolongan lebih lanjut dengan mIRC, pengguna
dapat bergabung dengan #new2mirc atau #mirchelp.Untuk pertolongan dengan
pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih umum, pengguna dapat bergabung dengan
#irchelp.
Channel-channel
di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.Bila pengguna ingin berbahasa Indonesia, dapat bergabung dengan #bawel, #pondok, #indo, #puncak,
dan masih banyak lagi. Untuk membentuk channel sendiri, misalnya dengan nama #Surya (dengan
catatan bahwa channel tersebut belum dibentuk oleh orang lain), pengguna cukup
mengetikkan /join #Surya. Channel
itu akan terbentuk dan pengguna adalah sang channel-op.
Beberapa
situs IRC adalah untuk umum.Biasanya situs ini
sangat padat karena banyak pengguna yang terhubung ke dalamnya. Berikut beberapa
alamat client milik umum
sci.dixie.edu
6677
exuokmas.ecn.uoknor.edu
6533
obelix.wu-wien.ac.at
6996
irc.tuzvo.sk
6533
irc.nsycu.edu.tw
6533
10.6
Masalah-masalah dalam server
Gangguan
dapat saja terjadi di dalam ber-IRC.
- Net Split
Netsplit
adalah kondisi dimana network bisa terpisahkan, sehingga pengguna akan
terpisahkan dengan pemain-pemain lain. Lamanya split ini tidak bisa ditebak,
kadang hanya terjadi sebentar saja, tetapi kadang-kadang juga dapat memakan
waktu sampai berhari-hari.
- Lag
Gangguan
yang paling umum adalah "lag", dimana terjadi semacam hambatan
("delay") antara waktu saat pengguna mengetikkan suatu kalimat, dan
waktu saat pemain lain membacanya. Cara mengatasinya adalah dengan memilih
server yang dekat karena dapat mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan
menggunakan perintah /ping. Hal ini dapat ditanggulangi dengan mengganti server
Anda, dengan menggunakan perintah /server nama.server.di.sini.
- Ping? Pong!
Untuk
para pengguna mIRC: Ping? Pong! di status, artinya server baru saja melakukan
"ping" kepada client. Sebenarnya tujuannya adalah untuk melihat
apakah pengguna masih berhubungan dengan server, dan Anda secara otomatis menjawab dengan "pong".Hal
ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.
11.
VOIP
Voice
over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony
atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak
jauh melalui media internet.Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket
data, dan bukan lewat sirkuit analogtelepon biasa.
Definisi
VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP)
Protokol
Voice
over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak
milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang
digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
H.323
Media
Gateway Control Protocol (MGCP)
Session
Initiation Protocol (SIP)
Real-time
Transport Protocol (RTP)
Session
Description Protocol (SDP)
Inter-Asterisk
eXchange (IAX)
Protokol
H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya ditemukan secara
luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan Area Lokal
(LAN).Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti
MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak jauh yang
ada lalu lintas jaringan.Secara khusus, Session Initiation Protocol (SIP) telah
mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.
Sebuah
implementasi milik penting adalah protokol Skype, yang sebagian didasarkan pada
prinsip-prinsip peer-to-peer (P2P) jaringan.
Perbandingan
dengan jaringan suara konvensional
Pada
jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat
Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat)
terdekat.Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara
bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut
mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan
menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua
titik tersebut.
Bentuk
paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet.Syarat-syarat dasar untuk
mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai
kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam
koneksi VoIP satu sama lain.
Bentuk
hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah hubungan keduanya
dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh
(antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua
pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih
murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau
internasional (SLI).
Pada
perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk
komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon
biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway
untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon
biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah
memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja.Bisa berbentuk tulisan
(chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video
Conference.Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan
IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan
bentuk komunkasi suara (VoIP).Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan,
peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.
Khusus
untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan memakai PC yang ada soundcardnya dan terhubung
dengan jaringan maka sudah bisa dilakukan kegiatan VoIP .Perkembangan berikutnya
adalah pengabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP.Disini dibutuhkan VoIP
gateway.Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi
sebuah office yang mempunyai VoIP gateway.Pengembangan lebih jauh dari
konfigurasi ini berbentuk penggabungan PABX antara dua lokasi dengan
menggunakan jaringan VoIP.Tidak terlalu dipedulin bentuk jaringan selama
memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi bisa saling berhubungan.Yang paling
komplek adalah bentuk jaringan yang menggunakan semua kemungkinan yang ada
dengan berbagai macam bentuk jaringan yang tersedia.Dibutuhkan sedikit tambahan
keahlian untuk bentuk jaringan yang komplek seperti itu.
Pada
awalnya bentuk jaringan adalah tertutup antar lokasi untuk penggunaan sendiri
(Interm, Privat).Bentuk jaringan VoIP kemudian berkembang lebih komplek.Untuk
penggunaan antar cabang pada komunikasi internal, VoIP digunakan sebagai
penyambung antar PABX. Perkembangan selanjutnya adalah gabungan PABX tersebut
tidak lagi menggunakan jaringan tertutup tetapi telah memakai internet sebagai
bentuk komunikasi antara kantor tersebut. Tingkat lebih lanjut adalah
penggabungan antar jaringan.Dengan segala perkembangannya maka saat ini telah
dibuat tingkatan (hirarky) dari jaringan Voip.
Aplikasi
VoIP dan Keamanannya
Salah
satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype.Skype
adalah ''software'' aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet
antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype
yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun
jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai
macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya.Skype juga dilengkapi dengan
SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan
pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.
Skype
menggunakan protokol HTTP untuk
berkomunikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan
registrasi dengan Skype directory server.Versi modifikasi dari protokol HTTP
digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client.Keuntungan yang
dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian
data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai
berikut :
- Privacy
Skype
menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk
proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack)
sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key
exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan
disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat
RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data
sebelum ditransmisikan melalui internet.
- Authentication
Setiap
pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap
username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem
Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika
pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password
yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini
dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication.Dikarenakan Skype
merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung
mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.
Keuntungan
VoIP
- Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
- Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
- Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
- Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
- Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
- Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
Kelemahan dari VoIP
- Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar/broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
- Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
- Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
- Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
- Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
- Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
- Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
- Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Komunitas
VoIP
Komunitas
pengguna/pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000.Komunitas
awal pengguna/pengembang VoIP adalah “VoIP Merdeka”.”VoIP Merdeka” (VM) dicetuskan
oleh Onno W. Purbo.Teknologi yang digunakan oleh "VoIP Merdeka" (VM)
adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP.Sentral VoIP Merdeka di hosting
di Indonesia
Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan
Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII).Kode area "VoIP
Merdeka" pada saat itu secara aklamasi di tentukan menjadi 6288, tentunya
tanpa memperoleh restu dari pemerintah.
Pada
tahun 2005, Anton
Raharja dkk dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru
berbasis Session Initiation Protocol (SIP).Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323
yang sulit menembus proxy server.Pada tahun 2006,
infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.
Kualitas
suara
Kualitas
suara VoIP
dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam
jaringan.Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam
bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data
paket.Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi
sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima.Waktu tunda
adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk
mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.
12.
Membuat Website
12.1
Domain
Domain
adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus
mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah
website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk
membedakan website Anda dengan website orang lain.
Domain
ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com,
blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension
biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan
komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website
nonkomersial, dan lain-lainnya.
Extension
bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org
atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc
dimana id mewakili domain negera Indonesia.
Untuk
memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa
registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk
membantu memilih nama domain untuk website Anda.
Bila
Anda mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya
domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk
mengecek apakah masih tersedia atau tidak .
Anda
buka http://www.domainhostingmurah.net dan masukkan nama doman dan extension
yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan registrasi nama domain
tersebut.
Usahakan
untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih
banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun
sekali Anda harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin
tetap memiliki dan menggunakannya.
Dan
bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka
setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum
sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.
Bila
Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan
domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda
gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs
"Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam
nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan
dengan tanda (,).
Dan
dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar
domain.
Tips
dalam memilih nama domain antara lain:
- Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
- Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya.
- Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
- Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.
- Usahakan pilih domain .com
- Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.
Pada
langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda.
12.2
Hosting
Hosting
adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang
terhubung dengan jaringan internet.Jadi agar website Anda bisa ditampilkan,
maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting.Anda perlu
membeli paket hosting.
Harga
dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang
diberikan.Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.
Dalam
memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian yaitu:
- Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan. Kebanyakan orang menggunakan Linux. Anda pilih Linux saja.
- Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
- Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.
- Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.
- Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.
Untuk
pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah
perusahaan.Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda.Yang perlu Anda
lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan
setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda.Hal ini dilakukan
untuk mengkoneksi domain dengan hosting.
12.3
Software Website
Bila
Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di
internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh
website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.
Anda
dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan
software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source
seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa
membuat website yang sama. Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis
websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut
tidak diperbolehkan.
SUMBER:
1.
http://id.wikipedia.org/wiki/saling_bual_internet[11
Desember 2012]
2.
http://id.wikipedia.org/wiki/voice_over_ip[11
Desember 2012]
3.
http://id.wikipedia.org/wiki/world_wide_web[11
Desember 2012]
4.
Maulana Andri. (2011). Surat Elektronik
(Email/Electronik Mail). [online]. Tersedia : http://andrimaulana92.wordpress.com/2011/12/21/surat-elektronik-emailelectronik-mail/[11
Desember 2012]
5. NN. 10 Etika dalam Mengirim e-mail. [online]. Tersedia : http://metrolisa.info/10-etika-dalam-mengirim-e-mail.html [11 Desember 2012]
6.
Rahmi, Ulfia. (2012). Mengenal Internet.
[online]. Tersedia : http://tepenr06.wordpress.com/2012/02/09/mengenal-internet/
[11 Desember 2012]
7.
Adetya, Zefta. (2012). Beberapa Cara Mengakses
Internet. [online]. Tersedia : http://zeftaadetya.blogspot.com/2012/05/beberapa-cara-mengakses-internet.html/
[11 Desember 2012]
8.
Pustekkom Desdiknas. Struktur IP Address.
Definisi. [online]. Tersedia : http://soerya.surabaya.go.id/aup/e-du.konten/edukasi.net/tik/ip.address/ [11
Desember 2012]
9.
NN. Pengertian WWW. [online]. Tersedia :
http://internet.artikel2.com/pengertian-www.html [11 Desember 2012]
10.
Bowo, Adi. Pengertian WWW World Wide Web –
Definisi. [online]. Tersedia : http://adibowo.com/apa-itu-www-fungsi-dan-sejarah-www/ [11
Desember 2012]
11.
Widodo. (2011). Telnet. [online]. Tersedia : http://www.widodoonline.com/2011/07/telnet.html.
[12 Desember 2012]
12.
Wiyana, I Made. File Transfer Protocol (FTP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar